Kepada-Mu Segala Pengharapan

Kita tidak pernah menghitung dosa yang kita lakukan dalam satu hari, satu minggu, satu bulan,
satu tahun apalagi sepanjang usia kita?


Sholatku terkadang masih bolong-bolong, fikiran-fikiran buruk sering kali datang merasuk, hasad dengki dan sombong masih melekat. Berbohong dan dusta sering kali terlakukan dengan sengaja, sungguh begitu banyaknya khilaf hingga tak sanggup kusebut satu persatu, karena aku akan merasa takut mengetahui dosaku sendiri. Terlalu banyak, terlalu kotor, berat dan menggunung lantas aku harus bagai mana.
***

Allah berfirman dalam surah az-Zumar (53) “katakanlah : “Hai hamba-hambaKu yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”
Indah sekali ayat ini, Allah menyapa kita dengan panggilan yang bernada teguran, namun tidak diikuti dengan kalimat berbau murka. Justru Allah pun menjanjikan untuk mengampuni dosa-dosanya. “siapakah yang paling menepati janji?”
Ketika Allah dengan Maha Kebesarannya menyatakan demikian, maka seperti onta yang sesat dijalan dan mungkin telah tenggelam didasar samudera, mengapa tak berjalan kembali menuju Allah dan menangis di “Kaki kebesaran-Nya” mengakui kesalahan dan memohon ampunan-Nya.

Tidak ada komentar: